TAHAPAN NEURULASI

Sabtu, Juni 27, 2015 ・0 comments

Neurulasi adalah salah satu proses perkembangan embrio yang melibatkan interaksi antar lapisan lembaga dan pemetaan nasib (Fate Map) yang paling jelas terlihat selama perkembangan embrio. Neurulasi melalui beberapa tahapan sebagai berikut:

Gambar Tahapan Neurulasi

  1. Chorda Mesoderm (CM) menginduksi Neural Ektoderm (NE), menstimulasi NE untuk merubah bentuk sel ke arah menebal, sehingga terbentuk Neural Plate, sederetan sel NE yang lebih tebal dari sel ektoderm lainnya, sehingga nampak seperti pelat. Pada ujung-ujung Neural Plate terdapat sel yang disebut Neural Crest.

  2. Selanjutnya Neural Plate menginduksi balik CM, menstimulasi CM berubah bentuk menjadi bulat. CM kini telah menjadi Notochord. Terbentuk juga sebuah lipatan ektoderm di sepanjang dorsal embrio, yang disebut Neural Fold

  3. Notochord menginduksi balik Neural Plate, menstimulasi Neural Plate mengubah bentuk sel serupa baji, sehingga Neural Plate secara keseluruhan menekuk ke dalam dengan ujung-ujungnya bergerak ke atas mengarah untuk saling bertemu. Tahap ini disebut Neural Groove.

  4. Ujung-ujung Neural Groove akhirnya bertemu dan sedikit menekuk ke dalam. Neural Crest yang berada di ujungnya terlepas sesaat sebelum terbentuk Neural Groove. Neural Crest ini kelak akan menjadi Ganglia Saraf.

  5. Neural Fold akhirnya melebur dan menyatu, terbentuk sekelompok sel yang berbentuk tabung, tahap ini disebut Neural Tube.

  6. Sel Mesoderm yang berada di samping Notochord akan menebal dan memanjang membentuk somite. Somite akan menjadi mesoderm somatik di bagian dorsal dan di bagian ventral akan menjadi Mesoderm Splancnic.

  7. Terbentuknya Neural Tube merupakan akhir Neurulasi.

Demikianlah proses Neurulasi berlangsung. Semoga penejelasan di atas akan memudahkan pemahaman kita terhadap proses Neurulasi.

Posting Komentar

If you can't commemt, try using Chrome instead.